Mengenal lebih dalampencak silat  silat Cimande

Pencak silat Cimande

Bersadarkan  beberapa literatur bahwa pencak silat cimande dari seorang yang bernama Abah khaer, Abah Khaer awalnya berprofesi sebagai pedagang (kuda dan lainnya), sehingga sering bepergian ke beberapa daerah, terutama Batavia. Saat itu perjalanan Bogor-Batavia tidak semudah sekarang, bukan hanya perampok, tetapi juga Harimau, Macan Tutul dan Macan Kumbang. Tantangan alam seperti itulah yang turut membentuk beladiri yang dikuasai Abah Khaer ini. Disamping itu, di Batavia Abah Khaer berkawan dan saling bertukar jurus dengan beberapa pendekar dari Tiongkok dan juga dari Sumatra. Dengan kualitas basic beladirinya yang matang dari Guru yang benar (Abah Buyut), juga tempaan dari tantangan alam dan keterbukaan menerima kelebihan dan masukan orang lain, secara tidak sadar Abah Khaer sudah membentuk sebuah aliran yang dahsyat dan juga mengangkat namanya. 

Sekitar 1700-1800 di Cianjur berkuasa Bupati Rd. Aria Wiratanudatar VI (1776-1813, dikenal juga dengan nama Dalem Enoh). Sang bupati mendengar kehebatan Abah Khaer, dan memintanya untuk tinggal di Cianjur dan bekerja sebagai "pamuk"  (Guru beladiri) di lingkungan Kabupatian dan keluarga bupati. Bupati Aria Wiratanudatar VI memiliki 3 orang anak, yaitu: Rd. Aria Wiranagara (Aria Cikalong), Rd. Aria Natanagara (Rd.Haji Muhammad Tobri) dan Aom Abas (ketika dewasa menjadi Bupati di Limbangan-Garut). Satu nama yang patut dicatat di sini adalah Aria Wiranagara (Aria Cikalong), karena dialah yang merupakan salah satu murid terbaik Abah Khaer dan nantinya memiliki cucu yang "menciptakan" aliran baru yang tak kalah dasyat.

Tujuan dari Pencak Silat Cimande ini yaitu untuk:

  1. Terwujudnya kesadaran yang mendalam tentang jiwa pencak silat Cimande sehingga dapat mengamalkan secara konsekuen. Sebagai insan hamba Allah, sebagai insan Sosial Budaya, sebagai insan pencak silat Cimande, dan sebagai insan Warga Negera Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945
  2. Terwujudnya keluarga besar pencak silat Cimande yang taat dan saleh dalam melaksanakan ibadah sesuai dengan agama yang diyakini masing-masing.
  3. Terwujudnya pembinaan tradisi, adat istiadat dan ajaran yang mempunyai nilai-nilai luhur yang selaras dengan kehidupan dan tata kehidupan pancasila dan UUD 1945.
  4. Terwujudnya sikap dan prilaku hidup serta amal perbuatan keluarga besar pencak silat Cimande yang berpedoman pada Taleq.
  5. Terwujudnya dan terpeliharanya identitas anggota keluarga besar pencak silat Cimande dimana saja mereka berada.

Pencak silat Cimande adalah seni budaya bela diri yang mengandung nilai-nilai , norma-norma maupun perilaku yang di junjung tinggi dan diwariskan dari leluhur Cimande kepada generasi-generasi secara turun-temurun sebagai hasil proses sejarah dan merupakan tradisi dalam kehidupan masyarakat keluarga besar pencak silat Cimande berdasarkan taleq . 

Taleq Cimande pada dasarnya merupakan landasan falsafah sebagai pegangan hidup keluarga besar pencak silat Cimande, yang menjunjung nilai-nilai yang sangat baik diantaranya:

1. harus Taqwa kepada Allah dan Rosulnya

2. Jangan melwan Orang tua (ibu bapak)

3. jangan melawan Guru dan ratu

4. jangan judi mencuri

5. jangan ria, takabur dan sombong

6. jangan berbuat zina

7. jangan bohong dan licik

8. jangan suka iri hati dan dengki

9. harus sopan, rendah hati, ramah dan saling menghargai diantara sesama manusia 

Dengan  paparan  diatas maka selayaknya  pencak silat perlu di lestarikan, ditingkatkan dan didukung oleh sekolah yang banyak memberikan nilai-nilai budaya bangsa.

Jajang Hidayat


Inovasi Guru

PERESMIAN LAB MIPA SMAN 18 KOTA BEKASI
Oleh: Puji Astuti | SMAN 18 BEKASI | 15 Februari 2019 PERESMIAN LAB MIPA SMAN 18 KOTA BEKASI
Pembaharuan Karakter Peserta Didik melalui Seminar dan Ibadah
Oleh: Septa Karolin | SMA KRISTEN SAINT JOHN | 14 Februari 2019 Pembaharuan Karakter Peserta Didik melalui Seminar dan Ibadah
SOSIALISASI UNBK DAN USBN
Oleh: Puji Astuti | SMAN 18 BEKASI | 11 Februari 2019 SOSIALISASI UNBK DAN USBN

Top Kontributor

Sman1soreang
Sman1soreang SMAN 1 SOREANG | 187 POST
Sman1cikakak
Sman1cikakak SMAN 1 CIKAKAK | 143 POST
SMA Kosgoro Bogor
SMA Kosgoro Bogor SMAS KOSGORO | 142 POST
Sman8bekasi
Sman8bekasi SMAN 8 KOTA BEKASI | 140 POST
SMAN 14 Bekasi
SMAN 14 Bekasi SMAN 14 BEKASI | 137 POST