Skuad Terompah SMAN 1 Kawali Berjaya di Bengkulu

Post8

Ciamis, Jaya Pos

Kesuksesan kontingen Jawa Barat yang menjadi juara umum pada Pekan Olahraga Tradisional (Oltrad) ke V tingkat nasional tahun 2017 di Bengkulu tak lepas dari kontribusi lima orang atlet oltrad dari SMAN Kawali. Ya, melalui kerja keras dan semangat menggebu, lima pelajar sekolah ini sukses meraih sekeping medali emas lewat cabang terompah panjang.

Di partai final yang digelar di Pantai Panjang Bengkulu, skuad terompah panjang yang diperkuat Rostiani Nurul Fitria, Tania Herwati, Sinta Nurmala, Ade Sri Hartati dan Salma Dena Antika, tampil heroik menggagalkan ambisi tim dari Jambi, Banten dan Bengkulu.

Jerit histeris langsung meledak ketika Rostiani dan kawan-kawan memastikan diri merebut finish. “Alhamdulillah, kerja keras, disiplin dan porsi latihan ekstra maksimal yang diberikan pelatihan membuahkan hasil. Kami tambah senang, kerana raihan medali ini sukses membantu kontingen Jawa Barat menjadi juara umum,” ujar Beben Hamara Pelatih sekaligus Ketua Harian KOTI Ciamis.

Beben Hamara, karuan merasa bangga dengan hasil yang diraih. Menurut Beben, hasil tersebut sesuai dengan target yang dipatok. “Berkaca pada hasil seleksi di tingkat Jabar, kita memang mematok target meriah medali emas. Alhamdulillah, target tersebut akhirnya bisa terealisasi. Kami persembahkan kesuksesan ini untuk warga tatar galuh,“ kata Beben yang juga Ketua Ikatan Guru Olah Raga Ciamis ini. 

Beben menambahkan, seminggu sebelum kejuaraan digelar, Rostiani dkk melakukan latihan di Pangandaran. Hal itu dilakukan sebagai bagian dari proses aklimatisasi mengingat cuaca di Bengkulu hampir mirip dengan Pangandaran. “Berkat latihan itu, seluruh tim tampil penuh semangat dan sangat kompak,” ujarnya.

Dengan hasil tersebut, dirinya sangat berharap agar perkembangan olah raga tradisional di Ciamis bisa semakin berkembang sekaligus memotivasi para pengambil kebijakan untuk memberi perhatian maksimal pada cabang Oltrad.

Bagaimanapun, kata dia, oltrad penting digelorakan karena merupakan bagian dari warisan budaya serta memiliki nilai-nilai filosofis yang sangat penting dipahami. Sekeping medali emas lain untuk kontingen Jabar disumbangkan me­lalui cabang hadang. Sementara sebiji medali perak yang diraih melalui cabang sumpitan.(Mamay)


Inovasi Guru

PERESMIAN LAB MIPA SMAN 18 KOTA BEKASI
Oleh: Puji Astuti | SMAN 18 BEKASI | 15 Februari 2019 PERESMIAN LAB MIPA SMAN 18 KOTA BEKASI
Pembaharuan Karakter Peserta Didik melalui Seminar dan Ibadah
Oleh: Septa Karolin | SMA KRISTEN SAINT JOHN | 14 Februari 2019 Pembaharuan Karakter Peserta Didik melalui Seminar dan Ibadah
SOSIALISASI UNBK DAN USBN
Oleh: Puji Astuti | SMAN 18 BEKASI | 11 Februari 2019 SOSIALISASI UNBK DAN USBN

Top Kontributor

Sman1soreang
Sman1soreang SMAN 1 SOREANG | 187 POST
Sman1cikakak
Sman1cikakak SMAN 1 CIKAKAK | 143 POST
SMA Kosgoro Bogor
SMA Kosgoro Bogor SMAS KOSGORO | 142 POST
Sman8bekasi
Sman8bekasi SMAN 8 KOTA BEKASI | 140 POST
SMAN 14 Bekasi
SMAN 14 Bekasi SMAN 14 BEKASI | 137 POST